Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Entri blog oleh System Administrator

4 Manfaat Menjadi Lifelong Learner

4 Manfaat Menjadi Lifelong Learner

Banyak yang percaya bahwa pembelajaran berakhir ketika kita sudah lulus. Banyak juga yang percaya bahwa hanya anak muda yang mampu melakukan self-improvement. 


Statement seperti di atas ini bukan hanya salah, tapi juga membahayakan bagi orang lain yang mempercayainya.


Sebenarnya kemampuan untuk belajar itu ada dalam diri setiap orang termasuk kamu. Kamu hanya butuh dorongan, motivasi dan tujuan untuk memulai belajar hal baru. Kesempatan belajar juga tidak terbatas dalam pendidikan formal, tapi juga bisa dilakukan di luar itu. 


Kegiatan belajar terus menerus baik secara formal atau informal dengan tujuan mengembangkan diri inilah yang disebut sebagai lifelong learner. Untuk menjadi lifelong learner, kamu hanya butuh modal keinginan untuk belajar dan kemampuan untuk menerima kritik yang membangun.


Berikut adalah keuntungan menjadi lifelong learner yang dirangkum dari Marjan Laal:


1. Memiliki pemikiran yang lebih tajam

Belajar secara terus-menerus membantu pikiranmu dan ingatan kamu lebih tajam. Baik belajar di sekolah, rumah, tempat kursus, kantor ataupun komunitas, manusia pasti akan menerima pengetahuan baru. Faktanya research dari Laal (2012) membuktikan kalau belajar akan menghindari kamu dari demensia. Dengan belajar, kamu akan terus melatih pikiran agar fokus, dan terus mampu untuk menghadapi dan mengatasi berbagai hal bahkan hingga usia lanjut.

2. Naiknya kepercayaan diri
Bayangkan ketika kamu membuat keputusan untuk memanjat tebing untuk mengurangi rasa takut ketinggianmu. Mungkin awalnya kamu akan membaca buku tentang pengalaman orang dalam memanjat tebing, kemudian menonton video YouTube tentang bagaimana cara memanjat tebing dan pada akhirnya mungkin kamu malah akan memutuskan untuk ikut grup pemanjat tebing profesional. Dari langkah tersebut, tanpa disadari ternyata kamu sudah menghadapi rasa takut secara perlahan-lahan, sehingga pada akhirnya kamu merasa percaya diri dan berani untuk memanjat tebing.

Begitu juga dengan lifelong learning, semakin lama kamu belajar, semakin banyak pengetahuan yang kamu dapatkan, sehingga semakin tinggi rasa percaya dirimu mengenai bidang yang kamu pelajari.


3. Meningkatkan skill interpersonal

Ketika kamu menjadi lifelong learner, kamu mungkin akan memperluas pergaulan dan meningkatkan kemampuan interpersonal mu.

Misalnya saat kamu mau mulai belajar cara bermain catur, mungkin awalnya kamu menonton video tentang aturan dalam permainan catur, kemudian kamu akan mulai bermain catur dengan HP. Ketika kamu sudah cukup mahir, kamu akan mulai mengajak orang-orang di sekitarmu untuk ikut bermain catur denganmu. Dan ketika permainan catur sudah menjadi hobi mu, kamu bisa mulai ikut dalam klub ataupun lomba catur, hingga akhirnya kamu pun akan mengenal orang baru.


Belajar seperti ini akan memperluas pergaulan mu, memiliki teman baru, dan meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan  orang lain.


4. Membuka kesempatan karir baru

Ketika kamu mau meningkatkan karirmu atau memulai bisnis,mempelajari hal baru adalah hal yang sangat penting, tapi bukan berarti kamu bisa belajar banyak hal secara acak. Supaya lebih efektif, belajar harus menjadi fokus utama dalam meningkatkan karir. 

Misalnya jika kamu mau menjadi di konsultan bisnis, kamu pasti akan mencari tahu hal-hal seperti siapakah customer mu, apakah yang yang akan kamu berikan bagi customer mu, ataupun berapa bayaran yang akan kamu terima. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membuatmu mencari tahu lebih, baik dari buku, video, dan media lainnya. 


Ketika kamu ingin mendalami karir ini, setelah kamu melakukan research seperti hal-hal di atas, kamu juga harus terus meningkatkan skill (termasuk komunikasi dan marketing), dan meminta feedback dari klien untuk mengetahui kemampuan dan kelemahan mu.


Dengan terus belajar hal yang relevan, kamu akan menjadi  lebih unggul dibanding pesaing kamu. Selain itu, Kamu juga akan menjadi karyawan yang lebih berharga bagi  perusahaan. 


Mau mulai fokus belajar hal yang relevan untuk menunjang karir kamu? Kamu bisa mulai dari pelatihan di Jejakarir.com!


  • Share

Reviews

Tampilkan komentar
1 2